Dampak Game Online

Hasil gambar untuk dampak game online
         Game online adalah suatu jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan internet, game online dapat diakses secara langsung dari sistem perusahaan kepada penikmat game melalui jaringan internet, dapat dimainkan bersama dan berkomunikasi secara langsung sesama player dalam game yang sama. 
          Pengguna games online yang memiliki kontrol diri yang tinggi mampu mengatur penggunaan games online sehingga tidak tenggelam dalam games online, mampu menggunakan games online sesuai dengan kebutuhan, mampu memadukan aktivitas online dengan aktivitas-aktivitas lain dalam kehidupannya. Sebaliknya, pengguna games online dengan kontrol diri yang rendah tidak mampu mengarahkan dan mengatur perilaku online-nya. Mereka tidak mampu menginterpretasi stimulus
yang dihadapi, dan tidak mampu memilih tindakan yang tepat.

Dampak Positif:
  • Menghilangkan stres akibat rutinitas sehari-hari dan meningkatkan kebahagiaan. 
  • Menambah wawasan dalam teknologi dan internet
  • Melatih kemampuan pemecahan masalah (problem solving) dan pengambilan keputusan.
    Tanpa disadari, dengan menghabiskan waktu bermain games,  akan mendapatkan pelatihan secara tidak langsung dalam hal pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Individu dituntut dapat berpikir cekatan untuk memenangkan game tersebut.
  • Mudah berkenalan dengan teman baru yang memiliki hobby sama. Game online ini juga biasanya memiliki komunitas tersendiri
  • Lebih melatih berkonsentrasi, karena dalam dunia game menemukan hal baru,  secara tidak langsung mengkondisikan dirinya untuk mengetahui keadaan sekitar, dan beberapa game menuntut untuk berkonsentrasi, artinya individu dapat berkonsentrasi pada satu hal yang menurut dia menarik.
  •  Melatih penggunaan Bahasa Inggris
    Kebanyakan games yang tersedia dan dapat dimainkan menggunakan bahasa yang global yaitu Bahasa Inggris. Dengan memainkan video game, akan dapat mempelajari sedikit demi sedikit bahasa tersebut untuk memahami maksud dari game yang dimainkan. 
  • Melatih kemampuan mengingat dan memori
    Dengan bermain game bergenre puzzle atau quiz tertentu, kemampuan anak untuk mengingat sesuatu akan terlatih dan semakin tajam.  
  • Bisa membangun kerja sama yang baik dengan orang lain, karena game online biasanya dapat
    dimainkan secara bersamaan dengan dua orang atau lebih.
Dampak Negatif: 
  • Kecanduan merupakan dampak negatif nomor satu yang ditimbulkan oleh game online. Kecanduan atau ketergantungan dapat terjadi karena seseorang menghabiskan terlalu banyak waktu untuk memainkan permainan online.
  • Kurangnya kontrol waktu
  • Bisa menyebabkan terlalu sering menunda pekerjaan maupun tugas akibat game online, akan membuat pekerjaan  menumpuk dan terabaikan.
  • Kebiasaan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk memainkan game online dapat mengubah sikap individu terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar. 
  • Perilaku agresif merupakan salah satu perilaku yang cenderung selalu muncul pada diri orang-orang yang kerap memainkan game online. Permainan yang menggunakan prinsip online atau berkaitan dengan internet biasanya akan memicu para pemainnya untuk melakukan tindakan agresif ketika mengetahui koneksi internet yang tiba-tiba menurun atau hilang. Perkataan kasar yang sering keluar akibat kekesalan pasca kekalahan juga bisa menjadi kebiasaan baru yang dilakukan jika memainkan game online. 
  • Penyalahgunaan uang, melakukan pembaharuan terhadap perangkat komputer yang dimiliki merupakan suatu tugas wajib yang dilakukan oleh gamer. Pembaharuan perangkat komputer ini bukan suatu hal yang murah untuk dilakukan, apalagi jika masih berstatus pelajar dan belum memiliki penghasilan. Uang yang diberikan oleh orangtua, biasanya akan digunakan untuk melakukan pembaharuan perangkat komputer demi mendukung hobby.
  • Menghabiskan banyak waktu untuk bermain game online dapat memicu gangguan kesehatan, seperti obesitas, gangguan otot pada bahu dan siku, perubahan struktur kerangka akibat posisi duduk maupun tidur yang salah saat bermain game, mati rasa pada bagian tangan maupun kaki, gangguan mata kering hingga minus, serta berbagai jenis gangguan kesehatan lainnya.
  • Dapat membuat produktivitas menurun. 
  • Beberapa kesalahan nilai kehidupan ditanamkan oleh game online secara tidak langsung pada pemainnya. Mayoritas game online yang berbasis peperangan, akan menggunakan kekerasan virtual antara pemain. Penanaman nilai perdamaian yang seharusnya dilakukan, menjadi terhambat karena game online mengharuskan tiap pemainnya untuk merebut kemenangan melalui jalur kekerasan dan saling membunuh. 
Chen dan Chang (2008:45:48) dalam asian jurnal of health informationsiences, meyebutkan bahwa sedikitnyaada 4 unit aspek kecanduan game online. Keempat aspek tersebut adalah:
1. Compulsion (kompulsif atau dorongan untuk melakukan secara terus menerus)
Merupakan suatu dorongan atau tekanan kuat yang berasal dari dalam diri sendiri untuk melakukan suatu hal secara terus menerus bermain game online.
2. Withdrawal (Penarikan Diri) 
Seseorang yang kecanduan game online akan merasa tidak mampu untuk menarik diri atau menjauhkan diri dari hal-hal yang berkenaan dengan game online.
3. Tolerance (Toleransi)
Biasanya toleransi ini berkenaan dengan jumlah waktu yang digunakan atau dihabiskan untuk
melakukan sesuatu yang dalam hal ini adalah bermain games online.
4. Interpersonal and health-related problems (masalah hubungan interpersonal dan kesehatan)
Pecandu game online cenderung untuk tidak menghiraukan bagaimana hubungan interpersonal yang bereka miliki karena mereka hanya terfokus pada game online saja. 

Sumber: 
  • https://klubwanita.com/dampak-negatif-game-online
  • https://student.cnnindonesia.com/inspirasi/20160806092917-454-149592/5-dampak-positif-bermain-video-games/
  • Suryanto, R. N. (2015). DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PERMAINAN GAME ONLINE
    DIKALANGAN PELAJAR.
    Vol.2(2).
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ditha Permata Puspita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger