Perilaku Prososial dalam Internet


Pengertian Perilaku Prososial

  • Perilaku prososial merupakan salah satu bentuk perilaku yang muncul dalam kontak sosial, sehingga perilaku prososial adalah tindakan yang dilakukan atau direncanakan untuk menolong orang lain tanpa memperdulikan motif-motif si penolong (Asih & Pratiwi, 2010).
  • Menurut Shaffer (dalam Edwina, 2002), bahwa tindakan yang memberikan keuntungan bagi orang lain seperti berbagi dengan orang lain yang mendatangkan keuntungan bagi orang tersebut disbanding dengan dirinya sendiri, menghibur atau menolong orang lain untuk mencapai tujuannya atau bahkan membuat orang lain senang dengan memuji perilaku mereka atau prestasi disebut perilaku prososial.
Aspek-Aspek dalam Perilaku Prososial
Bringham (Spica, 2010) menyatakan bahwa perilaku prososial meliputi beberapa aspek antara lain:
1) Altruisme, yaitu kesediaan untuk menolong orang lain secara sukarela tanpa mengharapkan imbalan.
2) Murah hati, yaitu kesediaan untuk bersikap dermawan kepada orang lain.
3) Persahabatan, yaitu kesediaan untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan orang lain.
4) Kerjasama, yaitu kesediaan untuk bekerjasama dengan orang lain demi tercapainya suatu tujuan.
5) Menolong, yaitu kesediaan untuk membantu orang lain yang sedang berada dalam kesulitan.
6) Penyelamatan, yaitu kesediaan untuk menyelamatkan orang lain yang membutuhkan.
7) Pengorbanan, yaitu kesediaan untuk berkorban demi orang lain.
8) Berbagi, yaitu kesediaan untuk berbagi perasaan dengan orang lain dalam suasana duka.

Perilau Prososial dalam Internet
          Dalam internet tetap bisa melakukan perilaku prososial (menolong) terhadap orang lain. Di tengah pesatnya pertumbuhan teknologi dan internet, semangat ini terus didorong dan dimudahkan melalui beragam platform online, utamanya yang berbasis crowdfunding (urun dana) yang lahir untuk membantu mengumpulkan dukungan dana masyarakat terkait suatu tujuan sosial. Berdasarkan data terkini, platform semacam ini di Indonesia masih didominasi oleh kegiatan donasi yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat. Dengan semangat tolong menolong dan gotong royong, platform urun dana secara online juga dapat menjadi wadah penyaluran dan katalis untuk mendorong lebih banyak prestasi dan karya anak bangsa serta juga dapat menggugah terbentuknya gerakan sosial misalnya pengumpulan buku untuk anak-anak di wilayah pedalaman. Selain itu, prososial dalam internet juga bisa untuk perekrutan relawan secara online, menyebar berita orang orang yang membutuhkan bantuan, dan berkampanye untuk perubahan yang lebih baik.
          Ketika internet digunakan untuk mengamplifikasi niat dan aksi baik yang ada di masyarakat, serta menjadi daya ungkit bagi berbagai pencapaian tujuan pembangunan sosial. Kehadirannya mampu menciptakan daya dalam skala yang bahkan belum pernah dilihat sebelumnya. Ini bukti bahwa kita mampu memanfaatkan teknologi dan internet untuk menolong sesama.
          Melakukan perilaku prososial dengan adanya internet sangat menguntukan, karena untuk menolong orang lain tidak dibatasi oleh jarak dan waktu. Internet memudahkan untuk memberi dan menyebarluaskan informasi yang bisa di akses semua orang.

Contoh Perilaku Prososial dalam Internet
 

 

Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ditha Permata Puspita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger