Takjub Akan Gunung Semeru di puncak Mahameru


Foto-Foto Keindahan Mahameru, Puncak Abadi Para Dewa
Semeru 
 
Mahameru berikan damainya
Di dalam beku Arcapadha
Mahameru sebuah legenda tersisa
Puncak abadi para dewa
Dewa 19 - Mahameru
Lagu milik band Dewa 19 itu memang sempat terkenal pada tahun 1990-an. Lagu yang menceritakan mengenai keindahan gunung Semeru sebagai gunung tertinggi di pulau Jawa itu langsung diidolakan oleh banyak kalangan, terutama anak muda pecinta alam.
Semeru memang selalu menjadi objek yang disukai banyak orang, baru-baru ini bahkan Semeru kembali populer sebagai setting lokasi film 5 CM, film yang disutradarai Rizal Mantovani itu memang memperlihatkan keindahan Semeru yang sangat luar biasa.
Tak hanya Genta (Fedi Nuril), Zafran (Junot), Riani (Raline Shah), Arial (Denny Sumargo), Ian (Igor Saykoji), dan Adinda (Pevita Pearce) yang bisa ke sana melalui 5 CM. Kamu bisa mengintip di sini bersama-sama. Seperti apa keindahan puncak abadi para Dewa itu?


 

1. Tumpang, Malang


Tumpang, Malang
Jalanan terjal yang dilewati dari Tumpang menuju Ranu Pane di desa Ngadas ©Mansyur EffendiJalanan terjal yang dilewati dari Tumpang menuju Ranu Pane di desa Ngadas ©Mansyur Effendi
Gunung tertinggi di pulau Jawa ini masuk dalam taman nasional Bromo Tengger Semeru yang terdiri dari pegunungan dan lembah seluas 50.273 hektar. Pintu pertama menuju puncak Mahameru adalah melalui kota Malang atau Lumajang yang membawa kamu ke Tumpang. Karena banyaknya pendaki di sana, maka tak heran jika kawasan Tumpang cukup ramai.


 

2. Ranu Pani

Ranu Pani
Selamat datang di Ranu Pani ©belantaraindonesia.orgSelamat datang di Ranu Pani ©belantaraindonesia.org
Ranu Pane yang sangat cantik ©Mansyur EffendiRanu Pane yang sangat cantik ©Mansyur Effendi
Dari Tumpang, kamu akan dibawa ke Ranu Pani (Ranu Pane), desa terakhir di kaki gunung Semeru selama kurang lebih 3 jam dengan jeep/truk sayuran. Perjalanan ke Ranu Pani searah dengan ke Bromo yakni melewati desa Ngadas. Sepanjang perjalanan menuju Ranu Pani, kamu akan melihat kondisi berliku-liku dan menanjak yang melewati bukit. Di pos Ranu Pani, para pendaki harus melakukan perijinan. Di sini, suasana dingin dan Mahameru sudah menanti kamu dengan begitu gagah.


 

3. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo Jika kamu ingin melihat seperti apa danau di surga, beberapa pendaki yang sudah pernah ke Mahameru pasti akan menyebutkan nama Ranu Kumbolo. Salah satu titik terdingin di gunung Semeru ini adalah danau yang berada di tengah gunung dengan ketinggian 2.400 mdpl. Melihat Ranu Kumbolo dengan air super bening, kamu akan menyadari batas air dan cakrawala langit begitu tipis dengan cantiknya. Sungguh kuasa Tuhan yang sangat tidak terhingga indahnya.


 

 

4. Tanjakan Cinta

Tanjakan Cinta Bagi kamu yang sudah menonton film 5 CM, atau sudah pernah mendaki Semeru, pasti begitu paham dengan mitos Tanjakan Cinta. Tanjakan Cinta sebenarnya adalah bukit yang harus dilewati dari Ranu Kumbolo ke Oro Oro Ombo dengan Mahameru berdiri di baliknya dalam hamparan langit biru. Mitos menyebutkan apabila kamu melewati Tanjakan Cinta tanpa menoleh ke belakang dan memikirkan seseorang yang dicintai, maka cinta itu akan abadi. Lantas bagaimana dengan yang jomblo? Semoga tidak jomblo abadi.


 

 

5. Oro Oro Ombo


Oro Oro Ombo Oro Oro (padang/savana) Ombo (luas) adalah jalur berikutnya menuju Mahameru. Jalur di Oro Oro Ombo tidak begitu menyusahkan karena kamu akan melewati padang yang begitu luas dengan hamparan rumput dan lavender. Sampai di sini, jangan lewatkan melihat pemandangan luar biasa di sekitarmu. Selama berjalan di Oro Oro Ombo, Mahameru akan mengintip di balik bukit yang membentang, seakan menunggu para pemberani menyapanya di atas.



 

6. Tegalan Jambangan

Tegalan JambanganMelewati Oro Oro Ombo, kamu akan disambut oleh Cemoro Kandang dan kemudian pos Jambangan. Di sini kamu akan semakin merasa 'merinding' karena kubah Mahameru sudah berdiri di depanmu, melihat bukti kebesaran Illahi yang akan segera kamu daki. Tidak hanya itu, salah satu yang membuat Jambangan begitu luar biasa adalah hamparan sang bunga abadi, Edelweis.



 

 

7. Kalimati

KalimatiDinamakan pos Kalimati adalah karena di sekitar sana terdapat bekas sungai aliran lahar gunung Semeru yang sudah mati. Jangan lupa untuk mengisi kebutuhan air terakhir di Sumber Mani, sumber mata air terakhir sebelum puncak Sang Dewa. Dengan ketinggian 2.700 mdpl, para pendaki akan melawan dingin di tepi hutan cemara sambil beristirahat sebelum pendakian yang sebenarnya. Di sini para pendaki akan meninggalkan semua barang bawaan mereka dan hanya membawa air minum seadanya.



 

8. Arcapadha

Jalur pendakian Arcapadha ©indogamers.com Jalur pendakian Arcapadha ©indogamers.com
Arcapadha
Menuju Arcapadha sangatlah berat, kamu akan melewati turunan dan hutan yang kemudian disambut tanjakan yang sangat terjal dan berdebu, karena Semeru memang gunung berapi yang masih aktif. Dinamakan Arcapadha (Arcopodo), karena di pos ini ada dua buah arca (patung) kembar yang misterius yang gosipnya hanya bisa dilihat orang-orang tertentu.




9. Tugu Memoriam Soe Hok Gie

Tugu Memoriam Soe Hok Gie
Asap belerang wedhus gembel dari Jonggring Saloko ©elfaruq.wordpress.comAsap belerang wedhus gembel dari Jonggring Saloko ©elfaruq.wordpress.com


Yang tidak boleh kamu lupakan ketika berada di Mahameru adalah bertatap mata langsung dengan monumen Soe Hok Gie. Salah satu aktivis Indonesia ini meninggal di usia muda bersama sahabatnya, Idhan Lubis karena menghirup asap beracun dari kawah Mahameru, Jonggring Saloko. Cintanya kepada Indonesia dan gunung membuat Gie tidur abadi di puncak abadi para Dewa. Semoga keteladanan dan pemikiran mudanya atas kecintaan dengan Indonesia menjadi inspirasi anak muda.



10. Mahameru

Mahameru
Lautan awan di Mahameru ©tripwow.tripadvisor.comLautan awan di Mahameru ©tripwow.tripadvisor.com
Di ketinggian 3.676 mdpl ©log.viva.co.idDi ketinggian 3.676 mdpl ©log.viva.co.id
Selamat datang di atap pulau Jawa, selamat datang di Mahameru, tempat tertinggi 3.676 mdpl yang membuat kamu tak bisa berkata-kata karena sangat luar biasa. Seperti dalam lagu, Mahameru sadarkan angkuhnya manusia, di sini kamu akan menyadari betapa manusia itu tak ada apa-apanya dalam kuasa Tuhan. Hamparan lautan awan yang sangat indah dan cuaca dingin Mahameru membuktikan sebuah ungkapan, "Jika manusia mencari di mana Tuhannya, mereka harus naik ke puncak gunung."

Tuhan memang Maha Kuasa.
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ditha Permata Puspita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger