Judul :
Bahasa Indonesia
Penulis : - Atikah Anindiyarini
- Yuwono
- Suhartanto
Penerbit : Pusat Pembukuan
Departemen
Pendidikan Nasional
Cetakan : 2008
Tebal : 194 halaman
Penulis : - Atikah Anindiyarini
- Yuwono
- Suhartanto
Penerbit : Pusat Pembukuan
Departemen
Pendidikan Nasional
Cetakan : 2008
Tebal : 194 halaman
Setiap mata pelajaran pasti membutuhkan buku
pelajaran untuk dijadikan panduan atau mendukung kegiatan belajar mengajar.
Buku ini telah dinilai positif oleh Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP )
dan ditetapkan sebagai buku pelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia
untuk kelas IX SMP/MTs.
Buku ini berisi
dan dikemas dalam berbagai bentuk kegiatan, seperti memahami dialog interaktif,
mengomentari, memahami wacana tulis, menulis iklan, membedakan fakta dan opini,
meresensi, mengarang, memahami syair, mengungkapkan dan menilai isi cerpen,
memusikalisasikan puisi, menulis cerpen, memahami pidato, berpidato,
berdiskusi, menulis karya ilmiah, menulis teks pidato dan surat, memahami
novel, membandingkan karakteristik novel, menanggapi pementasan drama, dan
menulis naskah drama.
Buku ini ditulis untuk memenuhi kebutuhan akan
keterampilan berbahasa dan keterampilan mengoprasikan sastra. Materi yang disajikan
dalam buku ini telah di sesuaikan dengan kurikulum terbaru untuk siswa IX 9
SMP/MTs. Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana, serta menyajikan
topik-topik yang ada dalam kehidupan sehari-hari sehingga mudah dipahami.
Buku ini sangat bagus, karena setiap Bab pada buku ini selalu
diakhiri dengan rangkuman dan evaluasi yang terdiri atas beberapa soal-soal
yang menjadi tolak ukur bagi siswa dalam memahami materi yang diberikan.
Rangkuman pada buku ini bertujuan untuk membuat siswa lebih fokus pada inti
materi yang diberikan. Hal ini sangat bermanfaat bagi siswa untuk lebih
memahami dan mengerti materi yang diajarkan. Selain itu buku ini juga di
lengkapi dengan peta konsep, indeks dan daftar pustaka.
Buku ini hanya menggunakan metode
pembelajaran yang lebih menyarankan siswa pada pelatihan berbahasa dan
apresiasi sastra, seharusnya buku ini juga menggunakan pembelajaran teori.
Karena jika buku ini lebih mengarahkan siswa pada pelatihan, maka siswa akan
sedikit kebingungan.
Secara keseluruhan, buku ini memang cocok
dijadikan sebagai buku panduan kegiatan belajar mengajar karena lebih banyak
memiliki keunggulan dari pada kelemahannya. Buku ini diperlukan guru-guru dan para
siswa untuk mempelajari keterampilan berbahasa dan keterampilan mengoprasikan
sastra. Buku ini juga dapat
meningkatkan kreatifitas para siswa.
( Ditha IX-1, SMPN 179 Jakarta )
Posting Komentar