Resensi Buku Pengetahuan




 Judul              : Bahasa Indonesia
 Penulis           :   - Atikah Anindiyarini
                            - Yuwono
                            - Suhartanto
 Penerbit          : Pusat Pembukuan
                          Departemen
                          Pendidikan Nasional
 Cetakan          : 2008
 Tebal              : 194 halaman

           

Setiap mata pelajaran pasti membutuhkan buku pelajaran untuk dijadikan panduan atau mendukung kegiatan belajar mengajar. Buku ini telah dinilai positif oleh Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP ) dan ditetapkan sebagai buku pelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas IX SMP/MTs.
Buku ini berisi dan dikemas dalam berbagai bentuk kegiatan, seperti memahami dialog interaktif, mengomentari, memahami wacana tulis, menulis iklan, membedakan fakta dan opini, meresensi, mengarang, memahami syair, mengungkapkan dan menilai isi cerpen, memusikalisasikan puisi, menulis cerpen, memahami pidato, berpidato, berdiskusi, menulis karya ilmiah, menulis teks pidato dan surat, memahami novel, membandingkan karakteristik novel, menanggapi pementasan drama, dan menulis naskah drama.
Buku ini ditulis untuk memenuhi kebutuhan akan keterampilan berbahasa dan keterampilan mengoprasikan sastra. Materi yang disajikan dalam buku ini telah di sesuaikan dengan kurikulum terbaru untuk siswa IX 9 SMP/MTs. Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana, serta menyajikan topik-topik yang ada dalam kehidupan sehari-hari sehingga mudah dipahami.
Buku ini sangat bagus, karena setiap Bab pada buku ini selalu diakhiri dengan rangkuman dan evaluasi yang terdiri atas beberapa soal-soal yang menjadi tolak ukur bagi siswa dalam memahami materi yang diberikan. Rangkuman pada buku ini bertujuan untuk membuat siswa lebih fokus pada inti materi yang diberikan. Hal ini sangat bermanfaat bagi siswa untuk lebih memahami dan mengerti materi yang diajarkan. Selain itu buku ini juga di lengkapi dengan peta konsep, indeks dan daftar pustaka.
Buku ini hanya menggunakan metode pembelajaran yang lebih menyarankan siswa pada pelatihan berbahasa dan apresiasi sastra, seharusnya buku ini juga menggunakan pembelajaran teori. Karena jika buku ini lebih mengarahkan siswa pada pelatihan, maka siswa akan sedikit kebingungan.
Secara keseluruhan, buku ini memang cocok dijadikan sebagai buku panduan kegiatan belajar mengajar karena lebih banyak memiliki keunggulan dari pada kelemahannya. Buku ini diperlukan guru-guru dan para siswa untuk mempelajari keterampilan berbahasa dan keterampilan mengoprasikan sastra. Buku ini juga dapat meningkatkan kreatifitas para siswa.
( Ditha IX-1, SMPN 179 Jakarta )

Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ditha Permata Puspita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger